Rabu, 07 November 2012

BUDIDAYA TOMAT SANGAT MUDAH

BUDIDAYA TOMAT SANGAT MUDAH
Ibu-ibu di Rumah Pintar Hargotirto rajin menanam bibit tomat sebagai tanaman sayuran. Selain trampil dalam membuat bibit juga bernilai ekonomis jika di pekarangan dibuat lahan untuk menanam berbagai sayuran termasuk tomat. Rumah Pintar Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta didampingi Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan praktik membudidayakan sayuran tomat. Berikut beberapa teknik membudidayakan tomat.
  1. Pengolahan Lahan
  2. Pembersihan Lahan
Pembersihan lahan meliputi pembersihan rumput-rumput liar atau gulma dan pembersihan tanaman keras, terutama yang menghalangi tanaman tomat dari terpaan sinar matahari. Jika lahan penanaman yang dipakai luas dan terbuka, tanaman-tanaman keras yang berada di sekeliling kebun tidak perlu dipangkas karena bias dimanfaatkan sebagai penghalang atau pencegah angin.
Pembersihan lahan bisa dilakukan secara manual (tenaga manusia) atau menggunakan mesin. Pembersihan dengan mesin dilakukan jika lahan yang akan dibuka luas dan banyak ditumbuhi tanaman tahunan. Sisa-sisa rumput dan gulma dibiarkan menumpuk di lahan yang nantinya dibenamkan di tanah sebagai kompos.
  1. Pembajakan atau Pencangkulan
Lahan yang bersih bisa langsung dibajak atau dicangkul dengan kedalaman 30-40 cm. Sewaktu pencangkulan, rumput dan sisa tanaman lunak dari hasil pembersihan lahan bias dicampur dengan tanah hingga membusuk dan menjadi pupuk. Tujuan pencangkulan adalah mengolah struktur tanah menjadi gembur atau remah sehingga akar tanaman dapat dengan mudah menembus tanah untuk mengambil zay makanan.
  1. Pembuatan Bedengan
Biarkan tanah yang sudah selesai dicangkul terkena sinar matahari selama dua minggu. Dengan demikian akan terjadi pertukaran udara. Sementara itu, bibit penyakit atau hama yang berada di dalam tanah terbunuh. Setelah dua minggu, pembuatan bedengan dapat segera dilakukan. Tujuan pembuatan bedengan adalah untuk mengatur jarak tanam dan mencegah akar tanaman tomat tidak tergenang air.
Lebar bedengan untuk tanaman tomat idealnya antara 100-120 cm. Sementara itu panjang bedengan tergantung pada kondisi lahan. Tinggi bedengan hendaknya disesuaikan dengan musim. Saat musim kemarau tinggi bedengan antara 30-40 cm dan saat musim penghujan keyinggiannya dapat ditinggikan menjadi 50-70 cm. Jarak antar bedengan adalah 50 cm atau 75 cm, tergantung dari musim. Jika musim penghujan, jarak antar bedengan diperlebar. Fungsinya untuk menghindari penyebaran bibit penyakit.
  1. Pembibitan
Umumnya, pembibitan tomat dilakukan dengan menggunakan biji. Supaya kualitas dan kuantitas produksi terjamin, gunakan benihn tomat unggul hibrida yang sudah banyak dijual di pasaran.
Setelah memperoleh bibit yang diinginkan, rendam benih tersebut selama satu malam ke dalam air yang telah dihangatkan suam-suam buku untuk menhentikan masa dormansi (masa istirahat tumbuh). Benih yang dibeli tersebut tidak perlu diseleksi lagi sebab sudah diseleksi oleh perusahaan benih yang memproduksinya. Setelah perendaman, biji bias langsung ditanam di bedengan yang sebelumnya sudah disiapkan. Biji tomat ditanam ke dalam alur memanjang dengan jarak antar baris 10 cm dan jarak dalam baris 5 cm.
Setelah penanaman selesai, taburi biji tomat dengan tanaman halus dan tutup dengan mulsa jerami atau karung basah. Untuk menghindari sengatan sinar matahari dan air hujan yang berlebihan, bedengan dipasangi atap dri plastik atau jerami. Posisi bedengan untuk pembibitan tomat sebaiknya memanjang dari arah utara ke arah selatan supaya terkena cahaya matahari pagi.
Selain dilakukan dalam bedengan, pembibitan bias juga dilakukan di dalam plastik kecil berukuran 12 cm x  8 cm. Isi plastik tersebut dengan media tanam berupa  tanah merah dan pupuk kandang yang halus ( kedua bahan bias diayak terlebih dahulu dengan ayakan yang lembut). Perbandingannya adalah dua ember tanah, satu ember pupuk kandang, 150 gram pupuk TSP atsau 80 gram NPK, dan 75 gram insektisida, seperti  Karbofuran atau Furadan.
Setelah terisi media tanam, plastik bias disusun di dalam rak atau bedengan yang telah disiapkan, kemudian disiram dengan air. Setelah itu tanam biji tomat satu persatu ke dalam plastik tersebut. Setelah semua pekerjaan usai, tutup bedengan dengan plastik bening yang berkerangka bambo. Tujuan penutupan ini adalah untuk mencegah masuknya hama dan penyakit kedalam bedengan dan untuk mempertahankan kelembapan.
Setelah biji tomat mulai berkecambah, plastik penutup bias dibuka secara bertahap sambil tetap melakukan perawatan bibit, seperti penyiraman dan pembersihan gulma. Lakukan penyiraman pada pagi hari untuk mengantisipasi berkurangnya air akibat penguapan yang terjadi pada siang hari. Sementara itu, pengendalian hama dan pembersihan gulma sebaiknya dilakukan secara manual, sebab bibit yang masih kecil tersebut terkadang masih rentan terhadap insektisida. Namun, jika serangan hama sudah melewati ambang batas toleransi, penyemprotan dengan insektisida bias dilakukan, tetapi harus dengan dosis separuh dari anjuran yang tertera pada label kemasan.
Bibit dari persemaian siap dipindah ke lahan jika sudah berumur 15-20 hari atau lima helai daunnya sudah mulai tumbuh. Sebelum penanaman, lakukan seleksi bibit terlebih dahulu. Bibit yang cacat, rusak atau terserang hama dan penyakit sebaiknya tidak ditanam.
  1. Penanaman
Saat paling tepat menanam tomat adalah 2-4 minggu sebelum musim hujan berakhir (hal ini tidak berlaku pada penanaman tomat system mulsa plastik dan system hidropinik). Sebab, pada musim penghujan sebagian besar jenis tomat tidak tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
Penanaman bibit tomat sebaiknya dilakukan pada sore atau pagi hari. Tujuannya, untuk menghindari panas matahari sewaktu siang hari yang dapat menyebabkan bibit layu. Serangan hama dan penyakit dapat dicegah jika sebelum ditanam bibit direndam terlebih dahulu di dalam larutan fungisida dan bakterisida dengan konsentrasi 0,2 %. Gunakan pestisida sistemik supaya dapat masuk dan bertahan agak lama dalam jaringan tanaman.
Bibit yang siap tanam dicabut dari persemaian beserta akar-akarnya. Jika bibit berasal dari persemaian plastik, robek dengan hati-hati supaya tanah nya tidak pecah dan akarnya tidak rusak. Selanjutnya, tanam bibit pada lubang-lubang bedengan dengan jarak 70 x 50 cm. Supaya tidak mudah busuk, tanam bibit sebatas leher akar atau pada pangkal batang tanpa mengikutsertakan batangnya. Setelah penanaman, bibit langsung disiram lalu pasang naungan dari dedaunan untuk mencegah dan melindunginya dari terik sinar matahari.
  1. Perawatan Tanaman
  2. Pemasangan Ajir
Tanaman tomat mutlak memerlukan ajir atau turus dari bamboo. Fungsi ajir antara lain untuk membantu menegakkan tanaman, mencegah tanaman roboh karena beban buah dan tiupan angin, mengoptimalkan sinar matahari ke tanaman dan lain-lain.
Pemasangam ajir dilakukan segera setelah tanaman selesai ditanam di bedengan. Pasang ajir dengan jarak 10-20 cm dari tanaman obat. Selanjutnya, ikat tanaman tomat pada ajir secara berkala mengikuti pertumbuhan tanaman.system pemasangan ajir yang sering dilakukan ada dua, yakni sistem segitiga dan sistem tunggal. Pemasangan ajir dengan sistem segitiga adalah menggabungkan empat ajir menjadi satu dengan cara mengikat bagian atas bambo. Sdementara itu, pada sistem tunggal, hanya digunakan satu ajir yang dihubungkan satu sama lain dengan bamboo supaya tidak mudah roboh. Dari kedua system pemasangan ajir tersebut, system tunggal dianggap lebih baik karena sinar matahari yang diterima oleh tanaman tomat lebih optimal sehingga mampu mengurangi resiko menularnya hama penyakit.
  1. Pemupukan
Pemupukan bertujuan untuk menambah hara yang dibutuhkan oleh tanaman sebab unsur hara yang terdapat dalam tanah tidak bisa diandalkan untuk memacu pertumbuhan tanaman secara optimal.
Aplikasi pemupukan pada tanaman tomat bisa menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik. Saat awal pertumbuhan, tanaman sebaiknya dipupuk dengan pupuk yang kandungan nitrogen dan phospornya tinggi. Setelah dewasa dan mendekati masa-masa prroduktif, gunakan pupuk yang kandungan kaliumnya tinggi. Tambakan juga berbagai unsur mikro, seperti Ca, Mn, Mg, Cu, Zn, dan Mb.
Pada penanaman tiomat secara konvensional, pupuk organik diberikan sewaktu pengolahan lahan. Sementara itu, pupuk anorganik diberikan secara bertahap sebnayak empat kali. Pertama dilakukan pada saat tanam dan pemupukan selanjutnya berturut turut 10, 24, dan 44 hari setelah tanam. Cara yang biasa dipakai yakni menaburkan pupuk anorganik ke dalam beberapa lubang yang di buat di sekeliling tanaman tomat. Cara lainnya adalah membuat lubang sedalam 5 cm diantara tanaman tomat dengan jarak 10 cm setiap lubangnya.
  1. Pengairan
Pengairan bisa dilakukan dengan sistem perendaman, yaitu melalui air irigasi yang dialirkan lewat parit-parit diantara bedengan. Cara lainnya, air disiramkan langsung di atas bedengan.
  1. Pemangkasan
Pemangkasan pada tanaman tomat dilakukan terhadap tunas air, daun tua, daun yang terserang penyakit, buah yang cacat, rusak atau terserang hama dan penyakit. Selain bertujuan membuang tunas, pemangkasan tunas air juga bermanfaat untuk pembentukan tanaman.Zuki Rumpin

3 komentar:

  1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  2. Makasih infonya pak/ibu. artikelnya sangat bermanfaat dan mudah dipahami, kebetulan saya akan Budidaya Tomat Organik mohon doanya semoga sukses

    BalasHapus
  3. Tks informasinya...semoga tanaman tomat sya...insyaallah berhasil

    BalasHapus